Rabu, 25 Desember 2013

Syair Imam Al-Ghazali

Adakah engkau terus mencari banyak harta?
pembicaraanmu terdengar nyaring dalam forum bicara
mengais cinta pelipur hati
dari setiap wanita dan kaum lelaki
dikau jadi kaya raya dan hidup bahagia
berwibawa, dihormati dan banyak harta
kau tumpas setiap bencana dan tipu daya
musuh dan penguasa
bacalah "Yaa Hayuu Yaa Qoyyuumu" seribu kali
malam atau siang
setiap kesulitan niscaya akan mudah diatasi
biasakan ucapan itu
jangan kau tinggal dan jangan lalai
dengan itu
engkau akan menggapai derajat yang tinggi.

Senin, 23 Desember 2013

Aqidah > Ibadah > Akhlak

"Innamal 'amalu biniat"
Amal itu diawali dengan niat !


Semua yang kita lakukan harus berdasarkan keyakinan yang kuat. Ketika kita yakin akan sesuatu itu baik untuk di lakukan, maka jalan yang tebuka pun mwngantaarkan kita ke arah ke baikan dan yang akan di dapat semuanya penuh dengan kebaikan. Begitu pun sebaliknya.

Keyakinan seseorang terdapat dalam aqidahnya yang kuat. Aqidah sebagai tempat bersatunya keyakinan sehingga apa yang akan dilakukan sesuai dengan yang duharapkannya. Jika Aqidah kita kuat, maka nilai-nilai ibadah kita akan semakin bermakna, tidak kosong dan tidak hanya mengutamakan bentuk luar yang dapat dilihat oleh mata manusia. Namun, akan memancarkan jati diri yang tidak mudah goyah oleh hasutan orang.

Setiap kegiatan kita mengandung nilai ibadah jika kita mengetahui manfaatnya. Sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain akan senantiasa tersebar menjadi nilai-nilai kehidupan yang agung, seperti pola kehidupan Nabi Muhammad SAW. Ibadah yang didasarkan dengan keyakinan yang kuat akan mengantarkan kita pada tingkat kekhusukan tertinggi, yang mana adanya interaksi yang kuat dari hamba kepada Sang Penciptanya.

Ketika ibadah kita telah khusyuk dan nyaman untuk selalu berinteraksi kepada Sang Pencipta, maka setiap aktifitas akan selalu tertuju pada-Nya. Tak ada yang bisa menghentikan jejak langkahnya untuk menuju derajat ketaqwaannya. Semua ini akan menghasilkan akhlak yang mulia, yang mana semua aktifitasnya selalu mengandung arti dan penuh makna, unttuk dapat diikuti oleh orang-orang yang masih dalam keraguan. Seseorang yang memiliki akhlak yang mulia selalu dapat menyelesaikan masalahnya dengan mudah, karena dia percaya bahwa Tuhannyalah satu-satunya penolong baginya.

Semua ini adalah proses dimana seseorang ingin memiliki akhlak yang baik, maka harus didasari dengan aqidahnya yang kuat, sebagai akar dari pohon-pohon yang besar, yang menghujam kedalam tanah untuk menghasilkan batang-batang yang kuat. Kemudian diikuti dengan ibadahnya yang kuat dan benar, sehingga nilai ibadahnya hanya untuk ke satu tujuan yaitu Sang Pencipta, bukan ke yang lain, maka ini sebagai batang pohon yang ttumbuh dengan kokoh dan kuat. Setelah itu akan tumbuhlah akhlak-akhlak yang baik, yang terpuji, yang dapat mengantarkan seseorang ke derajat taqwa yang sesuangguhnya, ini seumpama daun dan buah dari pohon tersebut, dapat dirasakan diri sendiri dan orang lain, dan yang pasti banyak manfaatnya.

Sabtu, 14 Desember 2013

WORKSHOP CINEMATOGRAPHY UNTUK SISWA SMP



Jum’at, 13 Desember 2013, pukul 13.00-14.30 WIB telah diselenggarakan Workshop Cinematography di Sekolah Al-Syukro Universal, Jalan  Otista Raya, Gang H. Maung No. 30 Ciputat-Tangerang Selatan. Workshop ini di selenggarakan oleh Movie Lover, lembaga Event Organiser Creative Cinematography yang bergerak dalam dunia pendidikan dan umum, yang bekerja sama dengan SMP Islam Al-Syukro.

Peserta yang mengikuti workshop ini terdiri dari 12 siswa-siswi SMP Al-Syukro Universal yang membawa camera untuk prakteknya dan penonton lain sekitar 20 orang yang terdiri dari guru dan siswa-siswa SD yang mampir untuk melihat acara tersebut. Mereka terlihat sangat antusias dan tertarik sekali untuk menghasilkan sebuah karya nyata.

Workshop bertemakan “Ambillah Duniamu dalam Sebuah Bingkai” yang berdurasi selama satu setengah jam ini terdiri dari nonton bareng dan berfokus pada salah satu bagian dari cinematograpi yaitu, praktek kamera atau pengambilan gambar yang baik dalam sebuah bingkai atau frame yang terlihat dalam layar tv. Workshop ini berkelanjutan dengan di bukanya kelas movie yang di siapkan oleh pihak sekolah dan team Movie Lover pada awal tahun 2014, agar siswa dapat berkreasi dan menghasilkan karya film.

Acara ini diselenggarakan untuk mewadahi kreatifitas para peserta dalam membuat sebuah karya nyata. Di dalam acara tersebut ada juga pembangunan karakter untuk siswa agar menjadi pribadi yang unggul, mampu mandiri dan produktif. Menurut Bapak Ferdi, selaku Wakil Kepala Sekolah SMPI Al-Syukro, “Workshop ini sebagai pengenalan cinematograpi sejak dini (SMP), karena ada beberapa SMA yang memiliki mata pelajaran Cinematograpi di kelasnya, jadi agar siswa tidak kaget dan dapat belajar dengan baik, sesuai dengan perkembangan zamannya.”


Popular Posts

Pages