Rabu, 23 Maret 2016

Keyakinan akan Warna Warni Dunia

Bagaimana kau bisa berjalan tanpa keyakinan? Sedangkan jalan panjang yang kau lalui memiliki banyak simpangan. Kemana kah kau langkahkan kaki itu?

Bagaimana kau bisa memberi tanpa ada yang kau miliki? Hanya senyum tulus yang akan kau berikan untuk mewarnai dunia. Dan mereka akan merasakan kehangatan. Kehangatan dalam senja cinta bersinar harapan.

Bagaimana kau bisa melihat warna warni dunia yang indah? Sedangkan kau memakai kacamata hitam. Lalu kau memaksa semua orang untuk menggunakan kacamata hitam itu. Sehingga indahnya dunia memudar, dan kau lupa untuk bersyukur.

Bagaimana kau dapat merasakan manisnya hidup? Tanpa getir pahit yang kau telan sebelumnya membuatmu muntah. Membuat kau harus menyerah dan tertunduk patuh kepada Sang Tuan. Hingga tetesan demi tetesan manis tersebut melepaskan dahagamu dan membuatmu kembali tersenyum.

Bagaimana bisa kau mewarnai dunia yang sangat luas ini? Sedangkan kau hanya memiliki satu warna diantara jutaan warna yang ada. Bahwkan warnamu akan memudar jika kau tidak membiaskannya ke warna yang lainnya.

Selasa, 22 Maret 2016

Berpikir Lebih Jauh

Bagi kamu yang malas berpikir lebih jauh, malas untuk memahami lebih dalam dan mudah sekali tersinggung. Sebaiknya kamu hanya mengikuti satu guru yang benar-benar kamu anggap benar dalam setiap kehidupanmu. Apalagi masalah agama. Sebaiknya cari aman sajalah untuk mengikuti sang guru yang telah kamu temui. Dan perdikitlah pemahaman agamamu, karena jika banyak yang harus kamu pahami, kamu akan bingung sendiri melihat warna-warni kehidupan sedangkan kehidupanmu tidak mampu menampung luasnya pemahaman yang ada.

Jika bisa kamu harus tinggal dalam satu lingkungan yang satu paham denganmu. Dengan membuat surga dan neraka tersendiri yang kamu anggap itulah aturan hidup yang benar-benar bagi kamu. Hal ini sangat lumrah saja, dan boleh-boleh saja. Karena ini sangat aman jika pada suatu hari nanti kamu ditanya malaikat, kamu tinggal sebut saja guru yang mengajarkanmu itu yang hanya satu. Aman terkendali dan kamu akan masuk surga bersama kaumnya. Insya Allah.

Bagi kamu yang senang berpikir lebih jauh, memiliki pemahaman yang mendalam dan tidak mudah tersinggung. Sebaiknya kamu terus mencari sebuah kebenaran dan keindahan warna-warni kehidupan. Berguru kepada siapapun yang kamu temui. Mulai dari guru-guru kejahatan dan guru-guru kebaikan. Kamu harus memiliki keyakinan yang kuat sebelum berpetualang mencari ilmu ini, apalagi masalah agama, bisa-bisa kamu akan menemukan perbedaan yang sangat besar dan juga persamaan yang akan memusatkan semua kehidupan ini ke satu titik Tuhan.

Kamu akan memasuki dunia para pelajar. Dimana sesuatu yang terjadi akan membawa banyak variable kehidupan. Seperti terjadinya gempa yang dapat kamu lihat dari segi ilmu agama, ilmu geographi, hal-hal gaib, dan lain-lain. Satu hal saja kamu dapat menjabarkannya begitu luas. Hal ini yang seharusnya memperkuat kepercayaanmu. Kamu pasti akan menemukan banyak pertentangan dari dalam diri sendiri dan bahkan dengan orang lain yang pemahamannya berbeda. Namun ketika hal ini dapat kamu lewatkan, kamu akan kaya akan pemahaman dan selalu membawa dan melibatkan Tuhan kemana saja kamu pergi.

Butuh keyakinan yang kuat, pemahaman yang mendalam dan hati yang seluas samudera untuk menikmati indahnya dunia ini. Rasakan semua pancaindera dan hati ini bersyukur atas fungsinya masing-masing.

Jumat, 11 Maret 2016

Hidup adalah Permainan

Setiap permainan pasti punya peraturan, begitulah hidup jika diartikan sebagai permainan. Visi dan misi dari setiap bagian kehidupan. Misi demi misi harus dilewati untuk mencapai sebuah visi. Peraturan dalam setiap misi pun beragam. Pasti berbeda dengan misi yang telah dilalui. Seperti anak tangga menuju kesukseskan yang selalu memandu seseorang untuk mencapai puncat atas kesuksesan.

Tapi sayangnya permainan dalam kehidupan ini hanya memiliki satu kesempatan dalam satu misinya, tidak bisa diulang. Karena waktu yang memandu para pemain untuk maju kedepan. Waktu yang menentukan misi itu dapat diselesaikan atau tidak. Waktu yang menjaga para pemain agar memanfaatkan dirinya untuk berusaha sebaik-baiknya menjadi pemenang. Waktu yang akan menjawab keberhasilan dalam permainan di dunia. Apakah waktu itu dapat menceritakan tentang dirimu sepanjang abad, atau tidak?

Sang waktu hanya memberikan tiga tempat untuk para pemain, yang menjadi tolak ukur dari permainan yang telah dilakukan. Tempat yang diberikan Sang Waktu untuk para pemain adalah masa lalu, sekarang dan masa depan. Tempat untuk para pemain menikmati dalam setiap misinya, mengambil pelajaran, mengatur strategi dan melaksanakan strategi tersebut.

Masa lalu menjadi tempat untuk para pemain mengambil pelajaran, memikirkan ulang rencana dan strateginya. Hanya masa lalu yang dapat menampung semua informasi yang telah dilalui oleh para pemain. Masa lalu sebagai museum kehidupan setiap orang yang menempatkan semua misi yang telah diselesaikannya. Masa lalu menjadi perpustakaan ilmu yang digunakan sebagai referensi jitu untuk menyelesaikan misi berikutnya. Masa lalu yang membuat setiap pemain memiliki karakteristik yang unik.

Sekarang menjadi kesempatan untuk para pemain bertindak dalam misi. Ada yang sesuai dengan rencana dan strateginya, ada juga yang tidak sesuai dengan rencana dan strateginya. Sekarang menjadi ajang untuk berusaha semaksimal mungkin dan membuat sejarah untuk museum kehidupan. Sekarang menjadi tulisan yang akan dimasukan dalam perpustakaan setiap para pemain. Sekarang menjadi penentu dari masa depan yang akan datang dengan misi yang berikutnya.

Masa depan menjadi sebuah misteri yang harus dipecahkan setiap pemain. Masa depan memiliki visi yang harus pemain capai. Masa depan sebagai kesempatan emas yang harus pemain rencanakan dengan baik dan membuat strategi terbaik untuk menyelesaikan misi berikutnya dan sampai mencapai visi. Masa depan menjadi penentu para pemain sebagai pemenang atau pecundang. Masa depan yang selalu dikumandangkan begitu indah dan enak, hingga rasa puas sementara datang. Masa depan tetaplah masa depan, kadang para pemain bisa menebaknya, kadang juga tidak bisa ditebak.

Permainan dalam kehidupan ini sangat singkat, tetapi sangat luar biasa. Para pemain hanya memiliki satu kesempatan hidup, satu perjalanan waktu dan satu tempat tujuan dari visi misi.

Bermainlah dengan baik, pahami peraturannya dan buat strategi demi strategi. Karena misi terbaik sebuah permainan adalah ketika kita telah menyelesaikannya dan dapat beristirahat dengan tenang. Sedangkan visi terbaiknya adalah ketika kita memenangkan permainan tersebut.

Bertemu dengan Sang Pemilik dan Pembuat Permainan ini adalah keistimewaan yang sangat spesial.


Popular Posts

Pages