Sabtu, 16 April 2016

Awal,Proses dan Akhir Kehidupan

Hidup ini adalah sebuah perjalanan pulang. Bukan sebuah tujuan.
Hidup dunia ini hanya sebatas tiga kata, yaitu, "Awal", "Proses", dan "Akhir".

Awal dari sebuah kehidupan adalah kelahiran yang selalu ditunggu-tunggu untuk sesuatu yang baru. Bayi yang lahir memulai awal kehidupannya di dunia, yang sebelumnya telah bersemayam dalam rahim ibu. Bayi itu keluar dengan membawa harapan baru bagi orang tua, keluarga dan orang sekitarnya. Dia memegang sebuah peta kehidupan dalam sebuah suratan takdirnya. Dia belum mengetahui dunia beserta isinya. Dia baru mengetahui segala sesuatu disekitarnya. Dan dia mulai berproses. Diiringi ruang dan waktu sehingga membuat dia tumbuh berkembang mencari jalan pulang. Ini adalah awal dari manusia yang akan berproses mewarnai dunia. Baik dan buruk.

Proses dari sebuah kehidupan adalah perjalanan hidup yang harus dilakukan dengan baik. Kelahiran yang ditunggu telah datang. Proses mengantarkannya pada sebuah tujuan akhir. Warna-warni dalam kehidupan selalu terjadi dalam proses. Dimana setiap orang memiliki pemahaman, pemikiran dan penindakan yang berbeda. Proses ini membuat setiap orang bahagia-sedih, menangis-tertawa, sehat-sakit, halus-kasar, cepat-lambat dan damai-perang. Proses pasti memiliki titik error yang membuat sistem kehidupan berjalan normal. Error tersebut mutlak adalah salah dalam mengambil prosesnya. Dan setiap manusia pasti mampu memperbaikinya, proses demi proses untuk hasil yang terbaik.

Akhir dari sebuah kehidupan adalah kematian yang selalu menunggu ketika sebuah proses perjalanan akan sampai pada satu tempat. Yaitu kematian.  Akhir yang baik atau yang buruk. Akhir ini hasil mutlak dari proses yang setiap orang jalani. Mereka bebas memilih proses apa saja, tetapi mereka tidak dapat memilih hidup tersebut. Karena hidup adalah perjalanan pulang.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Pages