Jumat, 11 Maret 2016

Hidup adalah Permainan

Setiap permainan pasti punya peraturan, begitulah hidup jika diartikan sebagai permainan. Visi dan misi dari setiap bagian kehidupan. Misi demi misi harus dilewati untuk mencapai sebuah visi. Peraturan dalam setiap misi pun beragam. Pasti berbeda dengan misi yang telah dilalui. Seperti anak tangga menuju kesukseskan yang selalu memandu seseorang untuk mencapai puncat atas kesuksesan.

Tapi sayangnya permainan dalam kehidupan ini hanya memiliki satu kesempatan dalam satu misinya, tidak bisa diulang. Karena waktu yang memandu para pemain untuk maju kedepan. Waktu yang menentukan misi itu dapat diselesaikan atau tidak. Waktu yang menjaga para pemain agar memanfaatkan dirinya untuk berusaha sebaik-baiknya menjadi pemenang. Waktu yang akan menjawab keberhasilan dalam permainan di dunia. Apakah waktu itu dapat menceritakan tentang dirimu sepanjang abad, atau tidak?

Sang waktu hanya memberikan tiga tempat untuk para pemain, yang menjadi tolak ukur dari permainan yang telah dilakukan. Tempat yang diberikan Sang Waktu untuk para pemain adalah masa lalu, sekarang dan masa depan. Tempat untuk para pemain menikmati dalam setiap misinya, mengambil pelajaran, mengatur strategi dan melaksanakan strategi tersebut.

Masa lalu menjadi tempat untuk para pemain mengambil pelajaran, memikirkan ulang rencana dan strateginya. Hanya masa lalu yang dapat menampung semua informasi yang telah dilalui oleh para pemain. Masa lalu sebagai museum kehidupan setiap orang yang menempatkan semua misi yang telah diselesaikannya. Masa lalu menjadi perpustakaan ilmu yang digunakan sebagai referensi jitu untuk menyelesaikan misi berikutnya. Masa lalu yang membuat setiap pemain memiliki karakteristik yang unik.

Sekarang menjadi kesempatan untuk para pemain bertindak dalam misi. Ada yang sesuai dengan rencana dan strateginya, ada juga yang tidak sesuai dengan rencana dan strateginya. Sekarang menjadi ajang untuk berusaha semaksimal mungkin dan membuat sejarah untuk museum kehidupan. Sekarang menjadi tulisan yang akan dimasukan dalam perpustakaan setiap para pemain. Sekarang menjadi penentu dari masa depan yang akan datang dengan misi yang berikutnya.

Masa depan menjadi sebuah misteri yang harus dipecahkan setiap pemain. Masa depan memiliki visi yang harus pemain capai. Masa depan sebagai kesempatan emas yang harus pemain rencanakan dengan baik dan membuat strategi terbaik untuk menyelesaikan misi berikutnya dan sampai mencapai visi. Masa depan menjadi penentu para pemain sebagai pemenang atau pecundang. Masa depan yang selalu dikumandangkan begitu indah dan enak, hingga rasa puas sementara datang. Masa depan tetaplah masa depan, kadang para pemain bisa menebaknya, kadang juga tidak bisa ditebak.

Permainan dalam kehidupan ini sangat singkat, tetapi sangat luar biasa. Para pemain hanya memiliki satu kesempatan hidup, satu perjalanan waktu dan satu tempat tujuan dari visi misi.

Bermainlah dengan baik, pahami peraturannya dan buat strategi demi strategi. Karena misi terbaik sebuah permainan adalah ketika kita telah menyelesaikannya dan dapat beristirahat dengan tenang. Sedangkan visi terbaiknya adalah ketika kita memenangkan permainan tersebut.

Bertemu dengan Sang Pemilik dan Pembuat Permainan ini adalah keistimewaan yang sangat spesial.


0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Pages