Sabtu, 22 September 2012

Dengar dan Lakukanlah !


Awal dari semua pengetahuan adalah dengar. Sumber dari masukan ilmu adalah dengar, Untuk dapat berbicara dengan bagus adalah dengar. Dan alat berpikir yang bagus untuk kita olah dimulai dengan mendengarkan.

Melihat dan mendengar adalah satu paket alat penyerapan ilmu yang paling berpengaruh dengan otak dibandingkan dengan alat indera yang lainnya. Untuk dapat berbicara dengan bagus dan bijak kita dituntut untuk lebih banyak mendengarkan disbanding dengan berbicara. Mendengarkan dalam keadaaan mata tertutup mengantarkan kita kedalam imajinasi yang sangat tinggi, hingga lahirlah sebuah khayalan, impian, harapan dan ide. Dengan hanya mendengarkan bisikan-bisikan kecil dari hati maka tingkat pengendalian diri kita lebih teratur.

Mendengar cerita-cerita pengalaman seseorang memberikan ilmu tentang kebijakan dalaam melangkah menuju masa depan. Mendengar curahan hati dari seesorang juga dapat mengasah perasaan kita untuk dapat berempati terhadap kemalangan seseorang. Mendengarkan syair-syair lagu juga dapat menggugah tingkat emosional kita seseuai dengan nada-nada yang didengar.

Ketika kita masih dalam perut ibu, kita sering melihat dan disarankan agar ibu tersebut mendengarkaan lagu-lagu instrument agar daya rangsang otak terlatih didalam rahim. Pada saat music instrument tersebut diputar, maka gelombang-gelombang irama tersebut akan sampai pada otak kita yang dalam keadaan bersih dan terjaga dalam rahim. Betapa pentingnya kita untuk mendengarkan seseuatu yang dapat merangsang kerja otak kita untuk melakukan sesuatu dengan bijak dan mengurangi sebanyak mungkin kesalahan.

Banyak-banyaklah mendengar maka kita akan tahu akan bertindak seperti apa. Banyak manfaat yang kita dapat dengan sering mendengar, menyerap informasi lebih banyak dan menyaringnya dengan akal sehat kita, lalu lakukan yang terbaik. Semua informasi yang kita dengar belum tentu baik semua ataupun buruk semua, maka diperlukanlah sebuah proses penyaringan dalam mengambil tindakan.

Dengar dan lakukanlah ! Dengar apa saja yang didapat dan lakukanlah penyaringannya, kemudian lakukanlah aksimu. Di dalam prosesnya kita akan banyak mendengar tentang diri kita sendir yang terucap dari mulut orang lain.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Pages