Minggu, 21 Oktober 2012

Jangan katakan "Aku Tidak Bisa"

"Aku tidak bisa mengerjakan soal ini. Soal ini terlalu sulit untuku. Berikanlah aku soal yang mudah-mudah saja."

"Aku tidak bisa mendapatkan nilai A. Pelajaran ini sulit dipahami karena guru yang mengajarkanku membuatku semakin bingung. Aku pasrah saja nanti mengerjakannya."

"Aku tidak bisa mengatur keuangan. Terlalu banyak barang yag ingin aku beli setiap ada uang. Aku tidak bisa menabung karena uangnya selalu habis dibelanjakan. Aku tidak bisa hemat. Aku orangnya boros"


Terlalu banyak dalam hidup ini kata "tidak bisa" terucap dari bibir seseorang, padahal dia belum mencobanya. Dahsyatnya kata ini adalah membuat seseorang semakin kecil, mengurung potensi dalam dirinya yang seharusnya bisa mencoba kemudian ditutup dan dihentikan dengan kata "tidak bisa".

Tidak bisa karena belum mencoba. Seseorang akan bilang tidak bisa apabila mereka belum mencoba. Adapun orang yang mengatakan tidak bisa karena telah mencobanya berulang kali, namun belum mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginannya.

Tidak bisa menjadi pembatas diri yang sangat kejam dalam perkembangan diri itu sendiri. Semakin banyak hal belum di coba, maka seseorang akan cenderung untuk mengatakan tidak bisa. Semakin orang tersebut tidak pernah mencoba apa pun, maka perkembangan dirinya akan terkurung dan terkubur dalam mimpinya.

Ketakutan yang tibuat pada diri sendiri menjadikan ketidak bisaan seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Semakin lama maka akan menjadi kebiasaan dalam hidupnya. Tidak ada tantangan baru yang berani diambil untuk mengubah hidup dan dunianya.

Sangat disayangkan sekali bila seseorang tersebut menyerah sebelum berperang, mundur sebelum maju, dan jatuh sebelum bangun. Hanya seorang pecundanglah yang tidak berani mengubah dunianya. Bertahan dengan cara lama yang seharusnya hanya digunakan dalam prinsip pribadi, bukan pada suatu wawasan yang baru dan pengalaman yang harus dihadapi demi perkembangan hidupnya.

Jangan katakan "tidak bisa" ! karena dengan tidak bisa tersebut terlihatlah kelemahan yang seharusnya menjadi kekuatan besar.
Jangan katakan "tidak bisa" pada sesuatu yang telah dicoba, namun belum juga berhasil.

Kita hanya diperintahkan mencoba dan melakukannya, maka  jangan ucapkan tidak bisa pada sesuatu yang akan membuat kita lebih maju.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Pages

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.